BERIKUT
ADALAH beberapa ARTIKEL DARI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (SIM)
1.Pengantar
Sistem
Informasi Manajemen merupakan sistem informasi yang menghasilkan hasil keluaran (output) dengan menggunakan
masukan (input) dan berbagai proses yang diperlukan untuk memenuhi tujuan
tertentu dalam suatu kegiatan manajemen.
Tujuan
Umum
·
Menyediakan informasi yang dipergunakan di dalam perhitungan harga
pokok jasa, produk, dan tujuan lain yang diinginkan manajemen.
·
Menyediakan informasi yang dipergunakan dalam perencanaan,
pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan.
·
Menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan.
Ketiga
tujuan tersebut menunjukkan bahwa manajer dan pengguna lainnya perlu memiliki akses ke informasi akuntansi manajemen
dan mengetahui bagaimana cara menggunakannya. Informasi akuntansi manajemen
dapat membantu mereka mengidentifikasi suatu masalah, menyelesaikan masalah,
dan mengevaluasi kinerja (informasi akuntansi dibutuhkan dam dipergunakan dalam
semua tahap manajemen, termasuk perencanaan, pengendalian dan pengambilan
keputusan).
Proses
Manajemen
Proses
manajemen didefinisikan sebagai aktivitas-aktivitas:
·
Perencanaan, formulasi terinci untuk mencapai suatu tujuan akhir
tertentu adalah aktivitas manajemen yang disebut perencanaan. Oleh karenanya,
perencanaan mensyaratkan penetapan tujuan dan identifikasi metode untuk mencapai tujuan tersebut.
·
Pengendalian, perencanaan hanyalah setengah dari peretempuran.
Setelah suatu rencana dibuat, rencana tersebut harus diimplementasikan, dan
manajer serta pekerja harus memonitor pelaksanaannya untuk memastikan rencana
tersebut berjalan sebagaimana mestinya. Aktivitas manajerial untuk memonitor pelaksanaan rencana dan melakukan
tindakan korektif sesuai kebutuhan, disebut kebutuhan.
·
Pengambilan Keputusan, proses pemilihan diantara berbagai alternative disebut dengan proses pengambilan keputusan. Fungsi manajerial ini
merupakan jalinan antara perencanaan dan pengendalian. Manajer harus memilih
diantara beberapa tujuan dan metode untuk melaksanakan tujuan yang dipilih.
Hanya satu dari beberapa rencana yang dapat dipilih. Komentar serupa dapat
dibuat berkenaan dengan fungsi pengendalian.
Bagian
SIM
merupakan kumpulan dari sistem informasi:
·
Sistem informasi akuntansi (accounting information systems),
menyediakan informasi dan transaksi keuangan.
·
Sistem informasi pemasaran (marketing
information systems), menyediakan informasi untuk penjualan, promosi penjualan,
kegiatan-kegiatan pemasaran, kegiatan-kegiatan penelitian pasar dan lain
sebagainya yang berhubungan dengan pemasaran.
·
Sistem informasi manajemen persediaan (inventory management information systems).
·
Sistem informasi personalia (personal
information systems).
·
Sistem informasi distribusi (distribution
information systems).
·
Sistem informasi pembelian (purchasing
information systems).
·
Sistem informasi kekayaan (treasury
information systems).
·
Sistem informasi analisis kredit (credit
analysis information systems).
·
Sistem informasi penelitian dan pengembangan (research and development information systems).
·
Sistem informasi analisis software
·
Sistem informasi teknik (engineering
information systems).
2.
Pengantar dan Konsep Dasar SIM
Apa yang
dimaksud dengan informasi?
n
Informasi merupakan fakta, kejadian, statistik atau bentuk data lainnya yang
dapat dipahami dan mempunyai arti, bernilai atau bermanfaat bagi seseorang
untuk keperluan/pekerjaan tertentu.
n
Data pada umumnya harus diolah terlebih dahulu sehingga menjadi informasi yang
dapat dipahami dan bermanfaat atau lebih bermanfaat.
Data,
Information & Knowledge
n
Data merupakan deskripsi dasar akan suatu, kejadian, aktivitas, dan transaksi
yang dicatat, diklasifikasikan, dan disimpan tanpa suatu pengorganisasian
sebelumnya.
n Knowledge
(pengetahuan) terdiri dari data dan/ atau informasi yang telah diorganisasikan
dan diproses sehingga memberi pemahaman, pengalaman, pembelajaran, dan keahlian
tertentu yang dapat diaplikasikan pada masalah bisnis yang dihadapi.
Informasi
dalam Proses Bisnis Industri Manufaktur
Apa yang
dimaksud dengan Teknologi Informasi?
n
Teknologi Informasi
n
berbagai teknologi (utamanya computer-based tool) yang digunakan manusia untuk
bekerja dengan informasi dan mendukung pemenuhan kebutuhan informasi dan pemrosesan
informasi suatu organisasi
n
Istilah umum yang menunjukkan berbagai teknologi yang membantu pengumpulan,
penyimpanan, manipulasi/analisis, produksi, komunikasi, dan penyebaran
informasi.
Mencapai
kesuksesan bisnis melalui Teknologi Informasi
n
People menggunakan information technology untuk bekerja dengan information
n
Teknologi informasi merupakan faktor penting dalam kesuksesan dan inovasi
bisnis
3. Sistem Informasi dan dukungannya pada bisnis
Sistem
Informasi (SI) dan Dukungan SI dalam Bisnis
n
Informasi merupakan fakta, kejadian, statistik atau bentuk data lainnya
yang dapat dipahami dan mempunyai arti, bernilai atau bermanfaat bagi seseorang
untuk keperluan/pekerjaan tertentu.
n
Data pada umumnya harus diolah terlebih dahulu sehingga menjadi informasi yang
dapat dipahami dan bermanfaat atau lebih bermanfaat.
n
Teknologi Informasi (Information technology/IT)
n
berbagai teknologi (utamanya computer-based tool) yang digunakan manusia untuk
bekerja dengan informasi dan mendukung pemenuhan kebutuhan informasi dan
pemrosesan informasi suatu organisasi
n
Istilah umum yang menunjukkan berbagai teknologi yang membantu pengumpulan,
penyimpanan, pemrosesan (manipulasi/analisis), serta komunikasi dan penyebaran
informasi.
Sistem
Informasi
n
Sistem informasi merupakan suatu sistem yang menerima data dan input lainnya
dan memprosesnya menjadi informasi sebagai output
n
Suatu sistem infomasi mengumpulkan, menyimpan, memproses, dan menyebarkan
informasi untuk suatu tujuan tertentu.
n
Sistem Informasi adalah sekumpulan elemen yang saling berhubungan
(terintegrasi), yang mengumpulkan (atau mendapatkan), menyimpan, memproses, dan
menyebarkan informasi untuk menunjang pengambilan keputusan dan tujuan lain,
baik orang maupun organisasi.
n
Komponen sistem informasi:
n
Infrastruktur (teknologi informasi)
n
SDM
n
Prosedur
n
Secara teori, sistem informasi dapat berupa lembaran kertas
n
Dalam bahasan perkuliahan ini difokuskan pada sistem informasi berbasis
komputer (Computer-Based Information Systems/CBIS)
Computer Based Information System (CBIS)
Computer Based Information System (CBIS)
n
Sistem informasi yang menggunakan teknologi komputer untuk melaksanakan satu
atau seluruh tugasnya.
n
Komponen CBIS:
n
Infrastruktur; Teknologi komputer
n
Hardware
n
Software
n
Database system
n
Computer network system
n
SDM
n
Prosedur
Tekanan
Bisnis, Respon Organisasi, dan Dukungan Teknologi Informasi
n
Lingkungan bisnis merupakan kombinasi dari faktor sosial, legal, ekonomi,
teknologi, dan politik yang mempengaruhi aktivitas bisnis
n
Perubahan siginifikan pada faktor-faktor tersebut dapat menciptakan tekanan
bisnis kepada organisasi
n
Tiga macam tekanan bisnis yang dihadapi adalah tekanan pasar (market),
teknolog, dan sosial.
Respon
Organisasi
n
Sistem Strategis; memungkinkan organisasi meningkatkan pangsa pasar (market
share) dan/atau profit.
n
Fokus pada konsumen; memungkinkan organisasi memberikan pelayanan konsumen yang
sangat baik dan mencegah berpindahnya konsumen ke kompetitor.
n
Sistem “membuat berdasarkan pesanan” (Make-to-Order); merupakan strategi untuk
memproduksi produk dan layanan sesuai dengan kebutuhan dan permintaan konsumen
n
Mass Customization; berproduksi dalam jumlah besar, tetapi tetap memungkinkan
customizing (penyesuaian) dengan keinginan setiap konsumen
n
E-business dan E-commerce; strategi untuk menjalankan bisnis secara elektronik
4.TELEKOMUNIKASI
, INTERNET, DAN E – BUSSINESS
Telekomunikasi
dan Sistem Jaringan
Jaringan
komputer – dua atau lebih sistem komputer yang saling terhubung dengan
menggunakan kabel atau gelombang radio dalam suatu area geografis tertentu
Jaringan
komputer yang tidak menggunakan kabel fisik disebut wireless
Manfaat
Jaringan Komputer:
Kemampuan
berkomunikasi dan berbagi
Menyimpan
berbagai informasi pada suatu lokasi dalam jaringan dan kemampuan mengaksesnya
Memungkinkan
orang berbagi informasi dan ide secara mudah
Mengkombinasikan
kemampuan berbagai peralatan sebagai media kolaborasi untuk menggabungkan
kemampuan orang-orang yang berbeda tanpa batasan lokasi
Kemampuan
berkomunikasi dan berbagi
Menyimpan
berbagai informasi pada suatu lokasi dalam jaringan dan kemampuan mengaksesnya
Memungkinkan
orang berbagi informasi dan ide secara mudah
Mengkombinasikan
kemampuan berbagai peralatan sebagai media kolaborasi untuk menggabungkan
kemampuan orang-orang yang berbeda tanpa batasan lokasi
Internet
Definisi:
Suatu
jaringan yang terbentuk dari jutaan jaringan pribadi yang lebih kecil yang
masing-masing dapat bekerja independen maupun secara bersama dalam jaringan.
Jaringan
yang menghubungkan jutaan komputer dan pribadi di seluruh dunia.
Intranet
Definisi:
Jaringan
di dalam suatu organisasi yang menggunakan teknologi Internet untuk menyediakan
lingkungan dan kemampuan Internet di dalam perusahaan untuk sharing informasi,
komunikasi, kolaborasi, dan mendukung proses bisnis
Extranet
Definisi:
Hubungan
jaringan yang menggunakan teknologi Internet untuk saling menghubungkan
intranet suatu bisnis dengan intranet dari pelanggan, suppliers, atau business
partners lainnya
Apa itu
E-business?
Penggunaan
teknologi Internet
Untuk
bekerja dan membantu proses bisnis, electronic commerce (e-commerce), dan
kolaborasi perusahaan
Di dalam
suatu perusahaan dan dengan customer, supplier, dan business stakeholder
lainnya.
Pada
prinsipnya merupakan pertukaran nilai/manfaat secara online
Tujuh
alasan utama membeli secara online:
1. Menghemat
waktu dengan tidak pergi ke pasar/toko
2. Dapat
berbelanja saat toko tutup (available 24/7)
3. Menghindari
keramaian dan kekacauan
4. Kemungkinan
menemukan harga yang lebih baik
5. Dapat
menemukan produk secara lebih mudah
6. Dapat
menemukan produk yang tidak tersedia di toko
7. Lebih
mudah membandingkan harga
5. Sistem
Informasi:
Macam dan Aplikasinya
Macam dan Aplikasinya
Computer
based information system (CBIS)
n
Suatu kombinasi yang terorganisir dari
n
Hardware; sekumpulan perangkat keras
n
Software; sekumpulan perangkat lunak
n
Data; sumber atau kumpulan data
n
Network; sistem jaringan
n
Policies and procedures;
sekumpulan
kebijakan, posedur dan instruksi
n
People; orang-orang yang bekerja
n
Yang mengumpulkan, menyimpan, memproses, dan menyebarkan informasi di dalam
organisasi
Lima
fungsi dasar teknologi dan sistem informasi (apa
yang dilakukan)
1. Capture (menangkap)
·
Mendapatkan informasi pada titik asalnya/terjadinya
1. Cradle (menyangga)
·
Menyimpan informasi
1. Create (menciptakan)
·
Memproses untuk mendapatkan sesuatu yang baru
1. Convey (menyampaikan)
·
Menyajikan informasi dalam bentuk yang bermanfaat
1. Communicate (mengkomunikasikan)
·
Mengirimnya kepada orang lain
Sistem
pendukung operasi (Operations support systems)
n
Definisi
Sistem informasi
yang memproses data yang dimunculkan dan digunakan dalam operasi bisnis
n
Tujuannya adalah memproses transaksi bisnis secara efisien, mengontrol proses
industri, mendukung komunikasi dan kolaborasi perusahaan, dan memperbaharui
basis data perusahaan
Macam-macam Operations Support Systems
n Transaction Processing Systems (TPS)
n
Merekam dan memproses data dari transaksi bisnis
n
Contoh: pencatatan penjualan, sistem inventori, sistem akuntansi
n Process Control Systems
n
Memonitor dan mengontrol proses-proses fisik produksi
n
Contoh: dalam sistem penyulingan minyak digunakan sensor untuk memonitor
proses kimiawi yang terjadi
n Enterprise Collaboration Systems
n
Meningkatkan komunikasi tim maupun kelompok kerja
n
Contoh: e-mail, videoconferencing
Sistem
Pendukung Manajemen (Management
Support Systems)
n
Definisi
Sistem
informasi yang berfokus pada penyediaan informasi dan mendukung pengambilan
keputusan yang efektif oleh para manajer
Macam-macam Management Support Systems
n
Sistem Informasi Manajemen (Management Information
Systems/MIS)
Sistem
informasi untuk fungsi manajerial
n
Menyediakan informasi dalam bentuk laporan dan tampilan yang telah ditentukan
untuk mendukung pengambilan keputusan bisnis (O’Brien, 2004)
n
Menyediakan informasi rutin untuk aktivitas perencanaan, pengorganisasian, dan
pengendalian (pengambilan keputusan) dalam area fungsional. (Turban, 2004)
n
Mendukung level manajemen
n
Contoh: laporan analisis penjualan harian, laporan produksi
n Decision Support Systems (DSS)
n
Menyediakan sistem interaktif yang bersifat sementara untuk mendukung
pengambilan keputusan
n
Mengkombinasikan model analitis dan database untuk menyelesaikan permasalahan
n
Membantu pengambil keputusan atau manajer
n
Contoh: Prediksi hasil untuk menentukan pengalokasian anggaran iklan
n Executive Information Systems (EIS)
n
Menyediakan informasi penting bagi eksekutif dan manajer
n
Contoh: akses informasi mengenai tindakan kompetitor
6. MANAJEMEN DATA
Manajemen
Data
Saat ini,
perusahaan bisnis tidak dapat bertahan maupun sukses tanpa data yang
berkualitas mengenai operasi internal maupun lingkungan eksternal mereka.
Organisasi
modern menyadari bahwa mengelola data dengan baik seperti halnya mereka
mengelola aset berharga lainnya merupakan kunci sukses yang penting dalam pasar
saat ini.
Manajemen
data
Definisi:
Aktivitas
manajerial yang menggunakan teknologi sistem informasi dalam menjalankan tugas
pengelolaan data organisasi untuk memenuhi kebutuhan informasi semua
stakeholder bisnis mereka.
Permasalahan
dengan pemrosesan data tradisional:
Pengulangan
Data – pengulangan data membutuhkan pemutakhiran (update) pada semua file data
tersebut yang disimpan
Kesulitan
Integrasi Data – data yang disimpan dalam file yang terpisah yang membutuhkan
program output khusus menyebabkan kesulitan dalam sistem pelaporan ad hoc
Ketergantungan
Data – suatu program umumnya menginformasikan bagaimana data disimpan sehingga
perubahan format penyimpanan membutuhkan perubahan program juga
Pendekatan
Database Management System (DBMS)
Definisi:
Mengkonsolidasikan
pencatatan data ke dalam satu database yang dapat diakses dengan berbagai
program aplikasi yang berbeda.
Software
interface antara users dan databases
Data
disimpan satu kali, dan terpisah dari program aplikasi
Database
Application Programs
Fungsi:
Membuat
dan memproses forms
Membuat
dan mengirimkan queries
Membuat
dan memproses reports
Mengeksekusi
logika aplikasi
Mengontrol
aplikasi
Macam-macam
Database
Operational
– menyimpan data yang detail yang dibutuhkan untuk mendukung proses bisnis dan
operasi perusahaan
Distributed
– database yang di ulang dan didistribusikan secara keseluruhan ataupun
sebagian ke server jaringan pada berbagai lokasi
External
– berisi banyak sekali informasi yang tersedia dari layanan online komersial
maupun dari berbagai sumber dalam World Wide Web
Data
Warehouse
Definisi:
Database
berukuran besar yang menyimpan data yang telah disarikan/disaring (extracted)
dari berbagai operational, external, dan database lain dalam organisasi
Data Mart
Definisi:
Database
yang menyimpan kumpulan data tertentu dari sebuah data warehouse yang fokus
pada aspek tertentu dalam perusahaan, misalnya satu departemen atau satu proses
bisnis
Data
Mining
Definisi:
Aktivitas
analisis terhadap data dalam suatu data warehouse untuk mendapatkan pola dan
kecenderungan yang tersembunyi dalam aktivitas bisnis masa lalu
Penggunaan
Data Mining
Melakukan
“market-basket analysis” untuk mengidentifikasi kumpulan produk baru.
Menemukan
akar permasalahan kualitas atau permasalahan manufaktur lain.
Mencegah
kekecewaan konsumen dan memperoleh konsumen baru.
Mengenali
profil konsumen secara lebih akurat.
SUMBER:
Belum ada tanggapan untuk "Sistem Informasi Manajemen"
Post a Comment